Minggu, 30 Oktober 2016

INVITA TAHUN 2016
INVITA adalah salah satu program tahunan labschool yang membawa murid SMP Labschool Jakarta ke Solo dan Yogyakarta. Disana kita mempelajari tentang industri dan tafakur alam. Disana kami menginap di hotel bernama Cavinton selama 2 malam. Kegiatan ini berlangsung mulai dari tanggal 19 oktober sampai 21 oktober 2016.
Di hari pertama INVITA, rombongan berkumpul di Stasiun Gambir dari jam 04.30 dan berangkat jam 08.00 malam. Rombongan berangkat menggunakan Kereta Argo Lawu tujuan Solo Balapan di Solo. Di dalam kereta, rombongan diberi makan Hokben lalu mendapatkan free time. Kebanyakan dari rombongan tidur di dalam kereta dan bangun saat sudah sampai di Solo Balapan.
Rombongan sampai di Stasiun Solo Balapan jam 04.00 dan dilanjutkan transit di Rumah Makan Tamansari untuk mandi dan sarapan. Setelah itu, rombongan menuju PT. Sritex. PT. Sritex adalah tempat untuk membuat bahan-bahan baju seperti baju-baju tentara. Disana rombongan  mempelari sejarah tentang awal berdirinya sritex. Setelah itu, rombongan pergi ke Sabila Farm yang diberi tahukan bagaimana cara dan proses menanam buah naga dan buah lainnya. Dari sana, kita pergi ke tempat pusatnya penjualan kaos yaitu Dagadu. Dan perjalanan ke malioboro diundur karena cuaca yang kurang mendukung. Kemudian setelah itu rombongan langsung check in hotel
Tanggal 21 Oktober, rombongan pergi ke Kraton Jogja. Disana kita bisa melihat banyak alat-alat music dan benda-benda sejarah.Setelah dari Kraton Jogja, rombongan pergi ke Desa Wisata Batik Giriloyo. Disana kita bisa belajar tentang cara membuat batik, bahkan praktiknya. Dari Desa Giriloyo, rombongan berangkat menuju Pantai Selatan, Parangtritis. Disana rombongan hanya bisa melihat ombak dan bermain dengan fasilitas yang ada disana, seperti ATV. Saat hari sudah menjelang malam, rombongan berangkat makan malam lalu langsung ke Malioboro untuk membeli oleh-oleh dan jalan jalan mengelilingi malioboro. Kemudian rombongan langsung balik ke Hotel untuk tidur malam.
Keesokan harinya, rombongan berangkat ke gunung merapi untuk mengikuti kegiatan Lava Tour dengan menggunakan mobil Jeep. Disana kita harus memakai masker dan kacamata untuk melindungi wajah dari abu. Setelah selesai Lava Tour, rombongan langsung pergi ke Candi Borobudur. Di sana banyak sekali turis dari luar maupun dalam negeri. Setiap 3 kelas diberi satu orang pemandunya. Sebaliknya rombongan ke bis masing-masing,Kemudian rombongan pergi ke tempat pusatnya bakpia.Setelah dari pusat bakpia rombongan langsung berangkat ke Stasiun Yogyakarta untuk pulang ke Jakarta lewat Stasiun Gambir.
Sampai di Jakarta rombongan langsung pulang ke rumah masing-masing dan pada saat itu berakhirlah kegiatan INVITA tahun 2016 dengan aman. Pengalaman tersebut menjadi kenangan yang takkan terlupakan bagi angkatan 24 SMP Labschool Jakarta.


1 komentar: